Jumat, 12 April 2019

PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS POLRES SANGGAU TA.2019



     Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik;
     Pada hari Kamis, 24 Januari 2019 bertempat di Ruang PPKO Lantai 2 Polres Sanggau, telah di laksanakan Rapat Pembahasan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Polres Sanggau  berdasarkan Surat Telegram Kapolres Sanggau Nomor : ST/29/I/REN.2.3/2019 tanggal 22 Januari 2019 perihal Undangan Rapat. 
     Rapat di pimpin oleh Kabagren Polres Sanggau Kompol Wardaya dan di ikuti oleh para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek Kapuas. Kabagren menyampaikan terkait pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri yakni pencanangan pembangunan Zona Integritas di Polres Sanggau. 
     Kegiatan di isi juga dengan sosialisasi tentang apa itu Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, Manajemen Resiko Kerja serta pembahasan terkait Apel Pencanangan Zona Integritas yang akan di isi juga dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh para Kabag,Kasat,Kasi dan Kapolsek jajaran Polres Sanggau.
     Pada hari Jumat, 25 Januari 2019 di laksanakan Kegiatan Apel Pencanangan Pembangunan Zona Integritas disertai Penandatanganan Pakta Integritas Polres Sanggau Tahun 2019 di Halaman Mapolres Sanggau yang di ikuti oleh Kapolres Sanggau, Bupati Sanggau, Dandim 1204 Sanggau, Kepala Pengadilan Negri Sanggau, Kepala Kejaksaan Negri Sanggau, Kepala Lapas Klas IIB Sanggau,Kepala Rupbasan Sanggau, Kepala Dishub Sanggau,Ketua DAD Sanggau,Ketua MABM Sanggau,Tokoh Agama Islam,Tokoh Agama Kristen,Tokoh Agama Protestan,Para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, serta seluruh personil Polres Sanggau sejumlah 120 Personil. 
     Kegiatan Apel di pimpin oleh Kasubbagprogar Bagren Iptu Sukirman selaku Danup. Kegiatan di mulai dengan pelaksanaan Penandatanganan Pakta Integritas oleh Kapolres, Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek jajaran Polres Sanggau yang disaksikan langsung oleh para Tamu Undangan. 
     Kegiatan di isi dengan amanat dari Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK. M.H. Beliau menyampaikan terkait pelaksanaan Penandatanganan Pakta Integritas Polres Sanggau untuk Menuju Wilayah Bebas Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani ( WBBM ) yakni Syarat utama tercapainya prioritas pembangunan baik pusat maupun daerah adalah tata kelola pemerintahannya, kunci perbaikannya terletak pada reformasi birokrasi yang tidak hanya bertumpu untuk mendapatkan birokrasi profesional yang mampu melayani rakyat.
    Beliau juga menyampaikan bahwa Zona integritas merupakan miniatur dari implementasi reformasi birokrasi, dalam pembangunannya terdapat enam komponen pengungkit dan dua komponen hasil yang harus dicapai semaksimal mungkin. Dengan terbangunnya zona integritas, maka target-target dalam roadmap reformasi birokrasi secara otomatis dapat tercapai. Polres Sanggau memikul satu amanat penting, masyarakat harus merasakan manfaat melalui pelayanan yang berkualitas dan birokrasi yang berkinerja tinggi. Selaras dengan hal tersebut, Polres Sanggau juga diharapkan mampu menginspirasi instansi pemerintahan lainnya di Kabupaten Sanggau untuk terus mendukung, mengimplementasikan, dan mengembangkan pergerakan reformasi birokrasi. 
     Setelah kegiatan Apel selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi terkait Zona Integritas Polres Sanggau kepada para Kapolsek jajaran di Aula Wira Pratama Polres Sanggau yang di pimpin oleh Kabagren Kompol Wardaya. Kabagren berpesan kepada para Kapolsek untuk segera menyampaikan materi yang di sosialisasikan kepada anggotanya di wilayah agar pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di Polres Sanggau dapat di pahami oleh anggota dan dapat di implementasikan dengan baik.



1. PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS TA.2019
  • RAKOR INTERNAL PEMBAHASAN PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZI
          - DOKUMENTASI GIAT RAKOR PEMBANGUNAN ZI



  • APEL PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZI DAN PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS 
         - DOKUMENTASI GIAT APEL PENCANANGAN ZI DAN TTD PAKTA
            + PENANDATANGANAN PAKTA TINGKAT POLRES








   
             + PENANDATANGANAN PAKTA TINGKAT POLSEK JAJARAN







  • SOSIALISASI PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZI PADA POLRES SANGGAU
          - SOLIALISASI INTERNAL
             + DOKUMENTASI GIAT SOSIALISASI ZI KPD INTERNAL





          - SOLIALISASI EKTERNAL
             + MELALUI WEBSITE DAN MEDIA ONLINE









             + MELALUI BANNER









             + PUBLIKASI PELAYANAN PUBLIK DI TEMPAT UMUM







               + PUBLIKASI ANGGARAN GUNA MENDUKUNG AKUNTABILITAS





  • PERSYARATAN
          - NILAI SAKIP POLRES SANGGAU 
            + PENGANTAR 
            + NILAI 
            + SKEP 
          - TLHP
          - VIDEO KEGIATAN SIMPATIK POLRES

SENAM REVOLUSI MENTAL

LAUNCHING INOVASI POLISI BEPADAH
         


TESTIMONI POLISI BEPADAH 

INOVASI PELAYANAN MOBILE TERPADU



TESTIMONI PELAYANAN MOBILE TERPADU

PEDULI PENYINTAS DISABILITAS 

PEDULI BENCANA ALAM 


2. TIM POKJA 1 - MANAJEMEN PERUBAHAN
  • PIMPINAN BERPERAN SEBAGAI ROLE MODEL ( PELAKS ANEV ) 
          - ABSENSI 1 & ABSENSI 2 
          - NOTULEN 

  • DITETAPKANNYA AGEN PERUBAHAN 
         - SPRIN AGEN PERUBAHAN 

  • LAPORAN HASIL PELAKSANAAN PELATIHAN
         - SPRIN 
         - JADWAL

  • MELAKSANAKAN RAPAT PEMBANGUNAN ZI 

  • REN & PELAKSANAAN & MONEV & TINDAKLANJUT KEGIATAN TIM 1 
          RENCANA KERJA TIM 1 
          - LAP LAKS GIAT TIM 1
          - MONEV LAKS GIAT TIM 1
          - TLHP TIM 1 

3. TIM POKJA 2 - PENATAAN TATA LAKSANA
  • MELAKSANAKAN MONEV THDP SOP YG TLH DI SUSUN DAN JOB DIS
          - COVER & LAPORAN PELAKSANAAN MONEV SOP
          - DOKUMENTASI MONEV SOP
          - DOKUMENTASI MONEV JOB DIS

  • PENGUKURAN KINERJA MELALUI TEKNOLOGI 
          - SCREENSHOT APLIKASI ABK
          - SCREENSHOT APLIKASI SIPP
          - SCREENSHOT APLIKASI SMK
          - SCREENSHOT APLIKASI E-MONEV
          - SCREENSHOT APLIKASI SMAP
          - SCREENSHOT APLIKASI SMART
          - ABSENSI FINGER PRINT 

  • KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
          - MONEV 

  • REN & PELAKSANAAN & MONEV & TINDAKLANJUT KEGIATAN TIM 2 
          RENCANA KERJA TIM 2
          - LAP LAKS GIAT TIM 2
          - MONEV LAKS GIAT TIM 2
          - TLHP TIM 2

4. TIM POKJA 3 - PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM
  • PENEMPATAN MENGACU PADA KOMPETENSI DAN DSP 

  • MONEV PELAKSANAAN REKRUTMEN 

  • MUTASI PERSONIL SESUAI KOMPETENSI
          - SURAT TELEGRAM MUTASI PERSONIL

  • RENCANA MUTASI PERSONIL SESUAI KOMPETENSI

  • MONEV PELAKSANAAN MUTASI PERSONIL 
          - LAPORAN MONEV MUTASI 

  • MONEV KEBUTUHAN DIKBANGSPES
          - LAPORAN MONEV DIKBANGSPES

  • PENGEMBANGAN KOMPETENSI MELALUI PRODIKLAT
          - LAPORAN PRODIKLAT POLRES
          - SISTEM MANAJEMEN KINERJA 

  • LAPORAN HASIL PELAKSANAAN DIKBANGSPES
          - LAP DIKBANGSPES LANTAS 1
          - LAP DIKBANGSPES LANTAS 2
  • SURAT PANGGILAN DIKBANGSPES
  • MENGIKUT SERTAKAN PERSONIL PD PELATIHAN

  • MONEV PELAKSANAAN DIKBANGSPES
          - LAPORAN MONEV DIKBANGSPES
  • PENETAPAN KINERJA PADA SMK PERSONIL SECARA PERIODIK
          - SAMPEL SMK PERSONIL SESUAI TAP KINERJA ( SAMPEL 1, SAMPEL 2, SAMPEL 3)
  • MEMBUAT SMK POLRI DAN SKP PNS SECARA PERIODIK
          - SAMPEL SMK POLRI ( SAMPEL 1SAMPEL 2SAMPEL 3)
          - SAMPEL SKP PNS ( SAMPEL 1SAMPEL 2)

  • REKAP SMK PERSONIL SECARA PERIODIK
          - REKAP SMK POLRI

  • SMK PERSONIL UNTUK KEPERLUAN UKP DAN PENDIDIKAN
          - SAMPEL SMK POLRI
          - SURAT TELEGRAM KORP RAPORT

  • IMPLEMENTASI PERATURAN KODE ETIK/DISIPLIN DALAM PELAKSANAAN TUGAS

  • INFORMASI KEPEGAWAIAN MUTAKHIR MELALUI APLIKASI
     
  • REN & PELAKSANAAN & MONEV & TINDAKLANJUT KEGIATAN TIM 3
          - RENCANA KERJA TIM 3
          - LAP LAKS GIAT TIM 3
          - MONEV LAKS GIAT TIM 3
          - TLHP TIM 3


5. TIM POKJA 4 - PENGUATAN AKUNTABILITAS
  • PIMPINAN LAKS MONEV PELAKSANAAN KINERJA 

  • DOKUMEN PERENCANAAN DGN BERORIENTASI THDP HASIL

  • LAPORAN KINERJA MELALUI ANEV
          - PAPARAN KABAGREN 1
          - PAPARAN KABAGREN 2
          - PAPARAN KABAGREN 3

  • LAPORAN PELAKSANAAN KINERJA MENYELURUH DAN TEPAT WAKTU
          - SURAT PENGANTAR
          - NASKAH ANEV KINERJA 

  • MENGIKUTSERTAKAN PERS PD GIAT DIKBANGSPES DAN PELATIHAN
          - SURAT AJUAN
          - SERTIFIKAT PELATIHAN

  • REN & PELAKSANAAN & MONEV & TINDAKLANJUT KEGIATAN TIM 4
          - RENCANA KERJA TIM 4
          - LAP LAKS GIAT TIM 4
          - MONEV LAKS GIAT TIM 4
          - TLHP TIM 4


6. TIM POKJA 5 - PENGUATAN PENGAWASAN
  • SOSIALISASI DAN PUBLIC CAMPAIGN TTG PENGENDALIAN GRATIFIKASI
          - DOKUMENTASI SOSIALISASI
          - DOKUMENTASI SOSIALISASI 2
  • SOSIALISASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH ( SPIP )
          - SURAT PENYELENGGARAAN SPIP
          - SPRIN PENYELENGGARAAN SPIP
          - NOTULEN SOSIALISASI SPIP
          - PAPARAN SOSIALISASI SPIP
          - LAPORAN SOSIALISASI SPIP

  • PENYELENGGARAAN WASRIK TAHAP 1

  • PENYUSUNAN MANAJEMEN RESIKO 

  • TINDAK LANJUT PENGADUAN MASYARAKAT
          - SURAT PENGADUAN MASYARAKAT ( LAMPIRAN 1, 2, 3, 4, 5 )
          - LAPORAN KEMAJUAN DUMAS

  • SOSIALISASI WHISTLE BLOWING SISTEM ( WBS )
          - ABSENSI / LAMPIRAN 
          - LAPORAN PELAKSANAAN WBS
          - LAPORAN MONEV WBS

  • IDENTIFIKASI BENTURAN KEPENTINGAN DLM PELAKS TUGAS
          - DOKUMENTASI HIMBAUAN 

  • REN & PELAKSANAAN & MONEV & TINDAKLANJUT KEGIATAN TIM 5
          - RENCANA KERJA TIM 5
          - LAP LAKS GIAT TIM 5
          - MONEV LAKS GIAT TIM 5
          - TLHP TIM 5




7. TIM POKJA 6 - PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK


  • KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN

  • UNIT PELAYANAN SIM DAN SAMSAT SAT LANTAS POLRES SANGGAU
          - REGULASI SP
          - SYARAT PELAYANAN
          - PROSEDUR 
          - WAKTU PELAYANAN
          - BIAYA PELAYANAN
          - SARANA DAN PRASARANA
          - SISTEM ANTRIAN
          - KENYAMANAN RUANGAN
          - KEBERSIHAN
          - MAKLUMAT PELAYANAN
          - SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
          - PELAKSANAAN SURVEY IKM
          - SKOR IKM
          - TINDAK LANJUTNYA 
          - KETERSEDIAAN PENGADUAN
          - KETERSEDIAAN KOTAK IKM
          - PENGELOLAAN PENGADUAN
          - JUMLAH PETUGAS PELAYANAN 
          - ANGGOTA BERPRESTASI
          - URAIAN TUGAS
          - FOTOKOPI
          - PETUGAS INFORMASI
          - PETUGAS KEAMANAN
          - TEMPAT KESEHATAN
          - PEMANDU PELAYANAN

  • UNIT PELAYANAN SKCK SAT INTELKAM POLRES SANGGAU
          - TR JUKRAH JUKLAK JUKNIS SKCK
          - SOP YAN STANDAR
          - REVIEW YAN
          - SOSIALISASI  LAT YAN PRIMA
          - YAN MUDAH DI AKSES
          - REWARD & PUNISHMENT
          - SARANA YAN TERINTEGRASI
          - INOVASI PELAYANAN
          - SURVEY KEPUASAN MASY
          - HASIL SURVEY
          - TINDAK LANJUT
     
  • UNIT PELAYANAN PENYIDIKAN SAT RESKRIM POLRES SANGGAU
          - TR JUKRAH JUKLAK JUKNIS 
          - SOP YAN STANDAR
          - REVIEW YAN
          - SOSIALISASI  LAT YAN PRIMA
          - YAN MUDAH DI AKSES
          - REWARD & PUNISHMENT
          - SARANA YAN TERINTEGRASI
          - INOVASI PELAYANAN
          - SURVEY KEPUASAN MASY
          - HASIL SURVEY
          - TINDAK LANJUT

  • UNIT PELAYANAN SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU ( SPKT ) POLRES SANGGAU
          - TR JUKRAH JUKLAK JUKNIS 
          - SOP YAN STANDAR
          - REVIEW YAN
          - SOSIALISASI  LAT YAN PRIMA
          - SARANA YAN TERINTEGRASI
          - SURVEY KEPUASAN MASY
          - HASIL SURVEY
          - TINDAK LANJUT

  • REN & PELAKSANAAN & MONEV & TINDAKLANJUT KEGIATAN TIM 6
          - RENCANA KERJA TIM 6
          - LAP LAKS GIAT TIM 6
          - MONEV LAKS GIAT TIM 6
          - TLHP TIM 6

8. PEMANTAUAN DAN EVALUASI TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK POLRES SANGGAU OLEH KEMENPANRB



Tim Evaluator Pelayanan Publik KemenpanRB yang terdiri dari 2 ( dua ) orang a.n Vani Pravita dan M. Asphian dari Lembaga Administrasi Negara ( LAN ) Jakarta tiba di Polres Sanggau (1/8/2019). Tim evaluator melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan publik yang ada di Polres Sanggau untuk periode Tahun 2019. Kedatangan tim evaluator di sambut oleh Kapolres Sanggau AKBP. Imam Riyadi, S.I.K.,M.H., di ruang kerjanya.

Tim evaluator terlebih dahulu melakukan evaluasi pada Unit Pelayanan SKCK di gedung SPKT Polres Sanggau. Tim melakukan pemeriksaan mulai dari sarana prasarana yang ada pada penjagaan, ketersediaan informasi yang di tampilkan pada ruang penjagaan untuk pengunjung Polres serta ruang operator call center 110. Kemudian tim beranjak ke bagian Front Office SPKT Polres Sanggau kemudian melakukan tanya jawab dengan petugas pada front office terkait ketersediaan informasi yang dibutuhkan bagi pemohon SKCK, adanya pemandu pelayanan, ruang laktasi bagi ibu menyusui, ketersediaan toilet yang baik serta ketersediaan layanan khusus bagi pemohon dengan disabilitas. Setelah itu tim masuk ke ruang pelayanan SKCK langsung melakukan tanya jawab singkat dengan petugas pelayanan terkait kompetensi petugas dalam melaksanakan pelayanan pada unit SKCK, mengecek ketersediaan maklumat pelayanan dan standar pelayanan yang dapat di akses oleh pemohon SKCK serta perlakuan prioritas terhadap pemohon lansia, menyusui dan difabel kemudian mengecek ketersediaan survey kepuasan masyarakat ( SKM ). Hal yang sama juga di lakukan pada Unit Pelayanan Sidik Jari. Setelah mengecek ruang pelayanan SKCK dan Sidik Jari kemudian tim masuk ke ruang Ka SPKT sekaligus ruang pengaduan untuk mengetahui bagaimana proses penerimaan pengaduan masyarakat terkait pelayanan pada Polres Sanggau dan bagaimana publikasi penyelesaian pengaduan tersebut.

Evaluasi pada unit pelayanan SKCK selesai, tim beralih ke Unit Pelayanan SIM. Tim juga mengecek tersedianya jalur khusus difabel dari gedung SPKT menuju ke Unit Pelayanan SIM. Sesampainya di Unit Pelayanan SIM, tim langsung melakukan evaluasi terhadap kompetensi petugas pelayanan SIM, ketersediaan standar pelayanan dan maklumat pelayanan yang dapat di akses oleh masyarakat, ketersediaan survey kepuasan masyarakat dan publikasinya serta tersedianya layanan pengaduan. Setelah itu tim naik ke lantai 2 Gedung Polres Sanggau untuk menyambangi Unit Pelayanan PPA Sat Reskrim sekaligus menuju ke ruang PPKO untuk menyusun berita acara pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik pada kepolisian resor sanggau tahun 2019 sekaligus melakukan wawancara kepada petugas pelayanan publik Polres Sanggau.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik pada Kepolisian Resor Sanggau oleh KemenpanRB selesai dilaksanakan dengan ditanda tanganinya berita acara pemantauan dan evaluasi oleh Kapolres Sanggau dan tim evaluator.



9. DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI




Polres Sanggau melaksanakan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan ( 6/8/2019 ). Kegiatan pada pukul 19.00 Wib tersebut dipimpin langsung oleh KemenpanRB untuk mengukur sejauh mana pembangunan Zona Integritas di Polres Sanggau. Desk Evaluasi di mulai dengan paparan pembangunan ZI oleh Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.I.K.,M.H. kepada Tim Penilai Nasional ( TPN ) MenpanRB. Setelah paparan selama 1 Jam, kegiatan di lanjutkan dengan diskusi panel antara Tim Pokja Pembangunan ZI Polres Sanggau dengan Tim Penilai Nasional ( TPN ) MenpanRB. Kegiatan berjalan dengan baik.




10. TIM VERIFIKASI OBSERVASI KEMENPAN RB MENDATANGI POLRES SANGGAU

Pada hari Kamis, 7 November 2019 sekira pukul 09.30 Wib tiba di Polres Sanggau Tim Verifikasi Observasi Pembangunan Zona Integritas dan Pelayanan Publik Kemenpan RB. Tim di pimpin oleh Sdr. Arif beserta dengan 1 Pers an. Savina di sambut oleh Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.H.,S.IK.,M.H.  Tim menyampaikan maksud kedatangan kepada Kapolres Sanggau untuk memverifikasi dan mengobservasi pelayanan publik dalam rangka pembangunan zona integritas di Polres Sanggau.
Tim didampingi oleh Kapolres Sanggau kemudian mengobservasi ruang-ruang pelayanan di Polres Sanggau di mulai dari Pelayanan Satpas SIM, kemudian di lanjutkan dengan pelayanan SKCK serta ruang-ruang pelayanan masyarakat lainnya.

Observasi dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan SDM, sarana prasarana serta kelengkapan adminisrasi yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan, dengan metode tinjau langsung serta wawancara kepada petugas dan penerima layanan untuk memastikan semua berjalan dengan baik, benar serta dapat memenuhi keinginan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian khususnya Polres Sanggau.
Kegiatan selesai sekira pukul 12.00 Wib, Kapolres melepas Tim untuk melanjutkan observasi ke Kantor PLBN Entikong.



11. Polres Sanggau menghadiri Penyerahan Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II Tahun 2019, di Jakarta



Pada Jumat, 22 November 2019 Kapolres Sanggau Akbp Imam Riyadi, S.Ik, M.H., Kasat Intelkam Iptu Suprapto, dan Kasat Lantas Akp Anne Tria Sefyna menghadiri kegiatan penyerahan Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II Tahun 2019, di Jakarta yang di selenggarakan oleh Kementerian PANRB. Kementerian PANRB menyerahkan hasil evaluasi sekaligus memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah di wilayah II. Tahun 2019, ada 73 kabupaten/kota dan 11 provinsi di wilayah II yang pelayanan publiknya dievaluasi oleh Kementerian PANRB termasuk Polres Sanggau.





Polres Sanggau mendapatkan penilaian kategori Baik dalam hal pelayanan publik, penerimaan hasil evaluasi oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo didampingi Deputi bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa untuk wilayah kalbar di wakili oleh Brigjen.Pol.Andi Musa.

KRITIK, SARAN DAN MASUKAN TERKAIT DATA DI ATAS DAPAT DI SAMPAIKAN MELALUI EMAIL KE bagren_sgu@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar