Senin, 10 Februari 2020

PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS POLRES SANGGAU TA.2020



     Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada Instansi Pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui Reformasi Birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik;
Berdasarkan Nota Dinas Kabagren Polres Sanggau Nomor : B/ND-50/I/REN.2.3./2020, tanggal 22 Januari 2020, tentang Undangan Rapat Pembentukan Tim Pokja Quick Wins, Reformasi Birokrasi Polri (RBP) dan Zona Integritas (ZI) Polres Sanggau Tahun 2020 maka pada hari Jum'at tanggal 24 Januari 2020 sekira pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang PPKO Lantai 2 Polres Sanggau, telah dilaksanakan Rapat Pembentukan Tim Pokja Quick Wins, Reformasi Birokrasi Polri (RBP) dan Zona Integritas (ZI) Polres Sanggau Tahun 2020 yang kemudian ditetapkan dengan Surat Perintah Kapolres Sanggau Nomor : SPRIN/205/I/REN.2.3/2020 tanggal 27 Januari 2020 perihal kelompok kerja dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Tahun 2020 diwilayah Polres Sanggau. 


Rapat dipimpin oleh Kabagren Polres Sanggau Kompol Wardaya dan di ikuti oleh para Kabag, Kasat, Kasi dan Operator jajaran. Kabagren menyampaikan terkait pelaksanaan Reformasi Birokrasi Polri termasuk pencanangan pembangunan Zona Integritas di Polres Sanggau untuk periode Tahun 2020. Selanjutnya berdasarkan Nota Dinas Kabagren Polres Sanggau Nomor : B-ND/51/I/REN.2.3./2020, tanggal 23 Januari 2020 tentang Undangan Rapat Penyusunan dan Sosialisasi Rencana Aksi Quick Wins, Reformasi Birokrasi Polri (RBP) dan Zona Integritas (ZI) Polres Sanggau Tahun 2020 maka pada Hari Selasa tanggal 28 Januari 2020 sekira pukul 09.00 WIB bertempat di Ruangan Rapat PPKO Lantai 2 Polres Sanggau dilaksanakan Rapat Penyusunan dan Sosialisasi Rencana Aksi Quick Wins, Reformasi Birokrasi Polri (RBP) dan Zona Integritas (ZI) Polres Sanggau Tahun 2020 yang kemudian ditetapkan dengan Keputusan Kapolres Sanggau Nomor : KEP/4/I/ 2020 tanggal 28 Januari 2020 tentang Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas di Polres Sanggau tahun 2020.


I. KOMPONEN PENGUNGKIT

1.      MANAJEMEN PERUBAHAN
A.      PENYUSUNAN TIM KERJA
                  -SKEP PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS
                  -SPRIN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS
                  -SPRIN MANAJEMEN PERUBAHAN
                  -SPRIN PENATAAN TATALAKSANA
                  -SPRIN SISTEM MANAJEMEN SDM
                  -SPRIN PENGUATAN AKUNTABILITAS
                  -SPRIN PENGUATAN PENGAWASAN
                  -SPRIN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
                  -SOP MEKANISME PENENTUAN ANGGOTA POKJA ZI
      
B.      DOKUMEN RENCANA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK
                  -RENJA ZI TAHUN 2020
                  -SKEP RENJA ZI TAHUN 2020
                  -RENCANA AKSI ZI TAHUN 2020

             C.      PEMANTAUAN DAN EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK
                  -RENJA ZI 1
                  -LAP PELAKSANAAN ZI 1
                  -LAP MONEV ZI 1
                  -LAP TINDAK LANJUT ZI 1

                  -RENJA ZI 2
                  -LAP PELAKSANAAN ZI 2
                  -LAP MONEV ZI 2
                  -LAP TINDAK LANJUT ZI 2

                  -RENJA ZI 3
                  -LAP PELAKSANAAN ZI 3
                  -LAP MONEV ZI 3
                  -LAP TINDAK LANJUT ZI 3

                  -RENJA ZI 4
                  -LAP PELAKSANAAN ZI 4
                  -LAP MONEV ZI 4
                  -LAP TINDAK LANJUT ZI 4

                  -RENJA ZI 5
                  -LAP PELAKSANAAN ZI 5
                  -LAP MONEV ZI 5
                  -LAP TINDAK LANJUT ZI 5

                  -RENJA ZI 6
                  -LAP PELAKSANAAN ZI 6
                  -LAP MONEV ZI 6
                  -LAP TINDAK LANJUT ZI 6

D.      PERUBAHAN POLA PIKIR DAN BUDAYA KERJA
                  -KEHADIRAN PIMPINAN (ABSENSI)
                  -PENETAPAN AGEN PERUBAHAN
                  -REN AKSI AGEN PERUBAHAN
                  -PEMBINAAN ROHANI DAN MENTAL 

              2.      PENATAAN TATALAKSANA
A.      PROSEDUR OPERASIONAL TETAP/PIRANTI LUNAK KEGIATAN UTAMA
                  -REKAP SOP SATKER
                  -MONITORING DAN EVALUASI TERHADAP SOP

B.      E-OFFICE
                  -REKAP SMK ONLINE ( PERORANGAN )
                  -REKAP IKM
                  -DOKUMENTASI APLIKASI SIPP
                  -SIM ONLINE
                  -SKCK ONLINE
                  -SP2HP ONLINE
             
C.      KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
                  -SOP TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

3.      PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM
A.      PERENCANAAN KEBUTUHAN PERSONEL SESUAI DENGAN KEBUTUHAN POLRI
                  -DOKUMEN RENBUT PERSONIL
                  -DAFTAR PERSONIL IDEAL MENGACU KPD DSP/ABK

B.      POLA MUTASI INTERNAL
                  -DOKUMEN ANEV MUTASI

C.      PENGEMBANGAN PERSONEL BERBASIS KOMPETENSI
                  -LAPORAN PELAKSANAAN PELATIHAN RESKRIM
                  -LAPORAN PELAKSANAAN PELATIHAN BINMAS
                  -REKAP PERSONIL MENGIKUTI PELATIHAN SPN

D.      PENETAPAN KINERJA INDIVIDU
                  -SMK ATASAN
                  -SMK BAWAHAN
                  -SKP ASN

E.      PENEGAKAN ATURAN DISIPLIN/KODE ETIK/KODE PERILAKU PERSONEL
                  -PERKAP-14-TAHUN-2011
                  -SOP GARPLIN
                  -SOP KKE

F.       SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN
                  -DOKUMENTASI APLIKASI SIPP

4.      PENGUATAN AKUNTABILITAS
         KETERLIBATAN PIMPINAN & PENGELOLAAN AKUNTABILITAS KINERJA
                  -RANCANGAN RENSTRA POLRES SANGGAU 2020-2024
                               -RENSTRA POLRES SANGGAU 2020-2024
                  -RANCANGAN RENJA POLRES SANGGAU 2021 
                  -RENJA POLRES SANGGAU 2020 
                  -IKU POLRES SANGGAU 2020
                  -PERJANJIAN KINERJA POLRES SANGGAU 2020
                               -REN AKSI KINERJA POLRES SANGGAU 2020
                               -DIPA RKAKL POLRES SANGGAU 2020
                               -RPD POLRES SANGGAU 2020
                               -RKT POLRES SANGGAU 2020
                                -ANEV CAPAIAN KINERJA TW I 2019
                  -ANEV CAPAIAN KINERJA TW II 2019
                  -ANEV CAPAIAN KINERJA TW III 2019
                  -ANEV CAPAIAN KINERJA TW IV 2019
                  -NILAI AKIP 
                  -SERTIFIKAT PERENCANAAN

              5.      PENGUATAN PENGAWASAN
A.      PENGENDALIAN GRATIFIKASI
                  -LAPORAN PENGENDALIAN GRATIFIKASI
                  -SOP PENGENDALIAN GRATIFIKASI
                  -STR PENGENDALIAN GRATIFIKASI

              B.      PENERAPAN SISTEM PENGAWASAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP)
                  -PERKAP 7 THN 2017 TTG NASKAH DINAS
                  -PERKAP 5-TH-2015 SISTEM INFORMASI PERSONIL
                  -PERKAP 2 TH 2013 TTG SPIP LINGKUNGAN POLRI
                  -PERKAP-14-TAHUN-2011 KODE PROFESI
                  -PERKAP-SMK
                  -LAPORAN HASIL SOSIALISASI SPIP
                  -MANAJEMEN RESIKO SAMPEL 

C.      PENGADUAN MASYARAKAT
                  -PERPOL NO 9 TH 2018 TTG DUMAS
                  -MONITORING DAN EVALUASI DUMAS

D.      WHISTLE-BLOWING SYSTEM (WBS)
                  -PERKAP 21 TH 2012
                  -LAPORAN SOSIALISASI WBS
                  -LAPORAN PELAKSANAAN WBS 
                  -LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI
                  -LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI WBS 

E.      PENANGANAN BENTURAN KEPENTINGAN
                  -SOSIALISASI BENTURAN KEPENTINGAN
                  -PEMETAAN BENTURAN KEPENTINGAN
                  -LAPORAN SOSIALISAI SE NO 8 TH 2015 TTG BK

6.      PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
A.        KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN

B.        UNIT PELAYANAN SIM DAN SAMSAT SAT LANTAS
          - REGULASI SP
          - SYARAT PELAYANAN
          - PROSEDUR 
          - WAKTU PELAYANAN
          - BIAYA PELAYANAN
          - SARANA DAN PRASARANA
          - SISTEM ANTRIAN
          - KENYAMANAN RUANGAN
          - KEBERSIHAN
          - MAKLUMAT PELAYANAN
          - SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
          - PELAKSANAAN SURVEY IKM
          - SKOR IKM
          - TINDAK LANJUTNYA 
          - KETERSEDIAAN PENGADUAN
          - KETERSEDIAAN KOTAK IKM
          - PENGELOLAAN PENGADUAN
          - JUMLAH PETUGAS PELAYANAN 
          - ANGGOTA BERPRESTASI
          - URAIAN TUGAS
          - FOTOKOPI
          - PETUGAS INFORMASI
          - PETUGAS KEAMANAN
          - TEMPAT KESEHATAN
          - PEMANDU PELAYANAN

C.          UNIT PELAYANAN SKCK SAT INTELKAM
          - TR JUKRAH JUKLAK JUKNIS SKCK
          - SOP YAN STANDAR
          - REVIEW YAN
          - SOSIALISASI  LAT YAN PRIMA
          - YAN MUDAH DI AKSES
          - REWARD & PUNISHMENT
          - SARANA YAN TERINTEGRASI
          - INOVASI PELAYANAN
          - SURVEY KEPUASAN MASY
          - HASIL SURVEY
          - TINDAK LANJUT
     
D.          UNIT PELAYANAN PENYIDIKAN SAT RESKRIM
          - TR JUKRAH JUKLAK JUKNIS 
          - SOP YAN STANDAR
          - REVIEW YAN
          - SOSIALISASI  LAT YAN PRIMA
          - YAN MUDAH DI AKSES
          - REWARD & PUNISHMENT
          - SARANA YAN TERINTEGRASI
          - INOVASI PELAYANAN
          - SURVEY KEPUASAN MASY
          - HASIL SURVEY
          - TINDAK LANJUT

E.          UNIT PELAYANAN SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU ( SPKT )
          - TR JUKRAH JUKLAK JUKNIS 
          - SOP YAN STANDAR
          - REVIEW YAN
          - SOSIALISASI  LAT YAN PRIMA
          - SARANA YAN TERINTEGRASI
          - SURVEY KEPUASAN MASY
          - HASIL SURVEY
          - TINDAK LANJUT


II. KOMPONEN HASIL

1.        PELAYANAN SIM DAN SAMSAT SAT LANTAS
                          - SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
          - PELAKSANAAN SURVEY IKM
          - SKOR IKM


2.        PELAYANAN PELAYANAN SKCK SAT INTELKAM
          - SURVEY KEPUASAN MASY
                           - HASIL SURVEY


3.        TESTIMONI MASYARAKAT

       


Penilaian Satker/Satwil diusulkan meraih WBK oleh Tim Penilai Internal Mabes Polri di Polres Sanggau Pada hari Kamis, 5 Maret 2020 berdasarkan Surat Kapolda Kalbar Nomor : B/549/II/REN.2.2./2020 tanggal 28 Februari 2020 perihal Penilaian Satker/Satwil diusulkan meraih WBK Tahun 2020, Tim Penilai Internal ( TPI ) Mabes Polri yang dipimpin oleh KOMBES POL DENI OKTAVIANTO, S.I.K.,M.H. tiba di Polres Sanggau untuk menilai satker Polres Sanggau, Polres Landak, dan Polres Sintang. Kegiatan di ikuti oleh operator masing-masing program per satker yang akan dilaksankaan penilaian. Penilaian awal tersebut dimaksudkan untuk mengecek komponen pengungkit sebelum menghadapi penilaian dari Tim KemenpanRB.



Kegiatan dilaksanakan di Graha Wira Pratama Polres Sanggau dengan terlebih dahulu mendengarkan sambutan Kapolres Sanggau mewakili Kapolres Landak dan Sintang. Kapolres Sanggau memaparkan kepada Tim perkembangan pembangunan Zona Integritas di Polres Sanggau yang kemudian ditanggapi oleh Tim dengan penekanan pada Komponen Hasil agar lebih dimaksimalkan. Karena apabila komponen pengungkit kurang memadai nilainya namun pada komponen hasil yakni penilaian masyarakat terhadap satker tersebut sangat baik, maka bisa dipastikan satker tersebut akan di berikat predikat WBK. Beliau mengingatkan bahwa kunci dari pembangunan ZI adalah komitmen pimpinan, pengelolaan pelayanan yang efektif dan memudahkan, monitoring dan evaluasi serta manajemen media yang baik Beliau juga meminta untuk LHKPN agar segera dilengkapi dan menyarankan untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan pembangunan ZI tahun lalu sesuai dengan desk evaluasi yang pernah dilaksanakan bersama dengan KemenpanRB.




Pengecekan Ruang Pelayanan Publik Sim dan Skck Polres Sanggau dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Tahun 2020 Pada Hari Rabu tanggal 3 Juni 2020 jam 09.30 wib bertempat di Ruangan pelayanan Publik SIM dan SKCK Polres Sanggau telah dilaksanakananakan pengecekan komponen pengungkit berdasarkan checklist pembangunan zi Polres Sanggau tahun 2020 oleh personil Bagren Polres Sanggau;
Komponen pengungkit yang dilaksanakananakan pengecekan adalah pada program 6 peningkatan kualitas pelayanan publik  yakni standar pelayanan sim dan skck, maklumat pelayanan, sop, informasi terkait pelayanan yang mudah di akses pada sim dan skck, reward dan punishment , pemberian kompensasi kepada pemohon terkait pelayanan publik, sarana pelayanan disabilitas dan ibu menyusui, survey kepuasan masyarakat, publikasi nilai skm dan sistem antrian.
Rangkaian kegiatan tersebut diatas selesai pada jam 10.15 wib. Selama berlangsungnya giat tersebut diatas berjalan lancar,  aman dan kondusif.



Penyerahan Hibah Barang Kelengkapan Pelayanan Publik (Yanlik) dari BRI Kanca Sanggau kepada Polres Sanggau. Pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2020 sekira jam 08.00 WIB di Halaman Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kel Beringin Kec. Kapuas Kab. Sanggau dilaksanakan Apel Penyerahan Hibah Barang Kelengkapan Pelayanan Publik (Yanlik) dari BRI Kanca Sanggau kepada Polres Sanggau.
Bertindak selaku Pimpinan Apel adalah Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S.I.K., M.H., dan bertindak selaku Perwira Apel adalah Kabagren Polres Sanggau Kompol Wardaya serta Komandan Apel adalah Ipda Boy Sihaloho, S.Tr.K.
Dalam kegiatan Apel dilakukan penandatangan Berita Acara Surat Hibah dilanjutkan penyerahan hibah oleh Pimpinan BRI Kanca Sanggau kepada Kapolres Sanggau. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ruang Pelayanan Publik (Yanlik) SPKT Polres Sanggau.



Kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik pada Kepolisian Resor Sanggau oleh KemenpanRB. Pada hari Jumat, 18 September 2019 sekira pukul 09.45 Wib telah tiba di Polres Sanggau Tim Evaluator Pelayanan Publik KemenpanRB yang terdiri dari 2 ( dua ) orang a.n Shinta Ikasari, S.STP dan Ogi Aulia Ryanto, S.Sos. dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pontianak. Tim evaluator akan melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan publik yang ada di Polres Sanggau untuk periode Tahun 2020. Kedatangan tim evaluator di sambut oleh Kabagren Polres Sanggau Kompol Wardaya di gedung SPKT Polres Sanggau mewakili Wakapolres yang sedang melaksanakan vicon. Tim evaluator terlebih dahulu melakukan evaluasi pada Unit Pelayanan SKCK di gedung SPKT Polres Sanggau. Tim melakukan pemeriksaan mulai dari sarana prasarana yang ada pada penjagaan, ketersediaan informasi yang di tampilkan pada ruang penjagaan untuk pengunjung Polres serta ruang pengaduan KaSPKT. Kemudian tim beranjak ke bagian Front Office SPKT Polres Sanggau kemudian melakukan tanya jawab dengan petugas pada front office terkait ketersediaan informasi yang dibutuhkan bagi pemohon SKCK, adanya pemandu pelayanan, ruang laktasi bagi ibu menyusui, ketersediaan toilet yang baik serta ketersediaan layanan khusus bagi pemohon dengan disabilitas. Setelah itu tim masuk ke ruang pelayanan SKCK langsung melakukan tanya jawab singkat dengan petugas pelayanan terkait kompetensi petugas dalam melaksanakan pelayanan pada unit SKCK, mengecek ketersediaan maklumat pelayanan dan standar pelayanan yang dapat di akses oleh pemohon SKCK serta perlakuan prioritas terhadap pemohon lansia, menyusui dan difabel kemudian mengecek ketersediaan survey kepuasan masyarakat ( SKM ).

Tim juga mengecek tersedianya jalur khusus difabel dari gedung SPKT menuju ke Unit Pelayanan SIM. Sesampainya di Unit Pelayanan SIM, tim langsung melakukan evaluasi terhadap kompetensi petugas pelayanan SIM, ketersediaan standar pelayanan dan maklumat pelayanan yang dapat di akses oleh masyarakat, ketersediaan survey kepuasan masyarakat dan publikasinya serta tersedianya layanan pengaduan.

Setelah itu tim mengecek kondisi toilet umum bagi pemohon dan naik ke lantai 2 Gedung Polres Sanggau menuju ke ruang PPKO untuk menyusun berita acara pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik pada kepolisian resor sanggau tahun 2020 sekaligus melakukan wawancara kepada petugas pelayanan publik Polres Sanggau.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik pada Kepolisian Resor Sanggau oleh KemenpanRB dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi dan wawancara langsung bersama dengan petugas pelayanan serta perwira yang bertanggungjawab. Kegiatan berlangsung s.d pukul 15.30 Wib diakhiri dengan dilaksanakan penandantanganan berita acara pemantauan dan evaluasi oleh Kapolres Sanggau dan tim evaluator dengan rincian sebagaimana terlampir.

-BA evaluasi menpan 2020 sim 

-BA evaluasi menpan 2020 skck


KRITIK, SARAN DAN MASUKAN TERKAIT DATA DI ATAS DAPAT DI SAMPAIKAN MELALUI EMAIL KE bagren_sgu@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar